Kamis, 01 Januari 2015

PENILAIAN KINERJA PENGAWAS


Mulai tahun ini Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan akan menerima PENILAIAN PRESTASI KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL dan tentunya berbeda dari tahun yang lalu. Dalam  penilaian menggunakan pedoman yaitu antara lain :
1. Program
2. Pelaksanaan
3. Pelaporan
Tenaga Pendidik sudah jelas Tim Penilainya sudah dibentuk oleh KS, dan Penilaian KS adalah pengawas. sedangkan Pengawas masih  perlu mendapat perhatian !
Pengawas adalah termasuk salah satu tenaga kependidikan yang penilaian  prestasi kerjanya tentunya di tangan Tim yang ditunjuk oleh Kepala Dinas Pendidikan ! Semoga cepat mendapat perhatian !

Saya terinpirasi tulisan Bapak Ahmad Sudrajat tentang "Penilaian Kinerja Pengawas Sekolah dengan menggunakan model Partnership– Collaborative Assessment"
Model Partnership–Collaborative Assessment adalah sebuah model penilaian kinerja berbasis kesejawatan. Dalam pelaksanaannya, para pengawas sekolah dibagi habis ke dalam kelompok-kelompok kecil, dengan anggota masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang pengawas sekolah. Selanjutnya, dalam kegiatan kelompok, seorang pengawas sekolah dinilai kinerjanya oleh 3 orang rekan pengawas sekolah lainnya secara bergiliran. Suatu saat seorang pengawas sekolah diposisikan sebagai pihak yang dinilai, tetapi di saat lain dia diposisikan untuk bertugas sebagai penilai anggota kelompoknya. (https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2015/01/01/penilaian-kinerja-pengawas-sekolah-model-partnership-collaborative-assessment/comment-page-1)

Repleksi :
  1. Penilaian kinerja adalah kewajiban pemangku kepentingan dalam menilaian prestasi kerja Pegawai Negri Sipil termasuk pengawas sekolah!
  2. Penilaian Kinerja yang dilaksanakan sesuai dengan standar akan dapat meningkatkan mutu pendidikan
  3. Penilaian Kinerja Pengawas Sekolah hendak menggunakan model yang nyaman seperti Partnership– Collaborative Assessment


Tidak ada komentar: